Kamis, 12 Agustus 2010

MY GIRL

      Eits.....Jangan kira judul diatas adalah judul film drama Korea yang pernah ditayangkan di televisi indonesia lho...
"MY GIRL" yang ini adalah judul film Hollywood yang sudah lama banget. Saya melihatnya di chanel TV "HBO" yang memang khusus menayangkan film-film hollywood termasuk yang sudah jadul (jaman dulu), 24 jam nonstop.
Mungkin terlalu asing karena filmnya keluar tahun 1991, saat itu saya sendiri masih umur setahun atau malah ada yang belum lahir. Pertama melihat, saya malas mengikutinya, tapi tiba-tiba saya tertarik gara-gara salah satu tokohnya dimainkan oleh Macaulay Culkin. Itu lho pemain utama film "Home Alone" dan "Richie rich". Setelah saya ikuti ceritanya sampai habis, film itu malah membuatku menangis.
      Film itu bercerita tentabg kehidupan Vada, gadis tomboi berumur 11 tahn. Ia tinggal bersama ayahnya yang berstatus duda dan ingin menikah lagi. Vada belum bisa menerima pernikahan tersebut walaupun wanita yang akan jadi ibu tirinya itu sangat baik. Ia takut kasih sayang ayahnya berkurang.
      Film ini sangat menyentuh dan mempunyai kisah cinta yang sangat lugu versi anak kecil. Vada punya sahabat karib, Thomas J. yang diperankan oleh Macaulay Culkin. Ia disengat lebah saat mencari cincin Vada yang hilang di hutan tempat mereka bermain, wuw.....so sweet. Tapi karena keberanian inilah Thomas J meninggal. Vada merasa bersalah lalu lari kerumah guru sastranya dan mengajaknya menikah. Ia mengira dengan menikah hidupnya takkan kesepian lagi padahal ia masih terlalu kecil untuk mengerti tentang arti menikah. Vada bertambah sedih ketika mengetahui bahwa, gurunya itu ternyata sudah punya tunangan. Namun, akhirnya Vada menyadari semua itu harus ia terima. Masih banyak yang bisa ia lakukan untuk masa depannya dan masih banyak orang yang menyayanginya.
      Tak cukup sampai disitu, cerita dilanjutkan pada film "MY GIRL 2". Vada semakin dewasa, unurnya kira-kira 13 tahun. Ia diberi tugas oleh gurunya untuk menulis biografi seseorang yang berjasa dan belum pernah dikenal sebelumnya. Vada memilih menuliss tentang ibunya yang sudah meninggal sejak ia lahir. Tetapi untuk mendapatkan petunjuk tentang ibunya ia harus ke Los Angele, ke tempat pamannya, Phil. Vada ditemani oleh Nick anak pacar pamannya. Banyak kendala yang ia hadapi. Salah satunya, sekolah ibunya sudah terbakar. Dengan perjuabgab yang pantang menyerah dah melelahkan Vada berhasil mendapatkan petunjuk. Teman-teman satu klub ibunya banyak cerita tentang ibunya. Betapa kaget Vada ketika mengetahui kalau ternyata ibunya sudah pernah menikah dengan orang lain, sampai-sampai ia mengira menjadi anak mantan suaminya itu. Namun, dugaannya tak benar, karena suami ibunya yang dulu itu masih belum siap untuk mempunyai anak sehingga ibunya menikah lagi dengan ayah Vada. Keberhasilan ini membuat Vada meraih nilai terbaik dari gurunya.
      Setelah nonton kedua film tersebut, saya bisa mengambil hikmah bahwa kehidupan harus kita jalani dengan tegar. Masa' mau kalah sama si gadis kecil Vada hehehe...Oya film MY GIRL 2 jga membuat saya lebih semangat menulis lho...dan satu hal lagi, sama halnya dengan buku, nonton film juga bisa menambah wawasan kita. Bahkan ada yang bilang dengan menonton film kita juga bisa mempelajari kebudayaan.

2 komentar: