Kamis, 12 Agustus 2010

SHEILA ON SEVEN

      Sheila on 7 sudah nongol sejak tahun 1996 tanggal 6 Mei. Lewat lagu "DAN" ciptaan Erros Chandra, mengantarkan grup band asal kota kita Jogjakarata ini menggebrak Blantika Musik di Indonesia. Yah, seperti grup band yang lain, pastilah mereka seneng, dong! Dari pertama tampil mereka hanya digaji Rp.7500. Jenenge yo usaha.

Duta sebagai vocalist, Adam main bass, Erros & Sakti guitaristnya dan Anton sebagai drummer. Personil SHEILA ON SEVEN memang dah pada tau semua. Tapi, tidak semua ada salah satunya kalau kita ngulas lebih jauh and up close gitu.

Grup band ini terlahir karena bergabungnya remaja dari berbagai SMA seperti Duta dari 4B, Erros dari MUHI, Adam dari SMU 6, Sakti dari De Brito dan Anto dari Bopkri 1. Untuk pertamanya mereka tidak memakai nama Sheila On 7. Tapi, Sheila aja trus Sheila Gank. Tapi, sekarang Sheila gank adalah perkumpulan fansnya Sheila on 7 ada di Kotabaru. Hingga akhirnya mereka menemukan nama yang pas yaitu Sheila On 7. 7 dari solmisasi yaitu do, re, mi, fa, so, la, si. Walaupun mereka belum tau warna musik yang pas dan akhirnya musik juga musik mereka dibuat beda dengan yaitu "Sheila Music" yang artinya ide-ide dalam bermusik dimunculkan secara spontan dan lirik-lirik yang gampang serta konsep musik yang sederhana.

Mereka mulai dikenal umu setelah mereka tampil di beberapa pentas musik atau pun festival. Yang membuat kaget sekaligus bangga adalah selama 3 bulan berturut-turut, mereka mendapat respon positif dari penggemar Geronimo Jogja Karen selalu request lagu "KITA". Dan akhirnya mereka terikat kontrak dengan Sony Nusic selama 6 album.

Setelah bertahun-tahun hingga tahun 2004lalu akhirnya mereka menelurkan 3 album yang mendapatkan respon positif selalu. Yang paling membanggakan adalah album 07 Desember. Banyak banget penghargaan yang mereka dapatkan. Dari CLEAR TOP ten AWARD sampai AMI SHARP AWARD, dll.

Prestasi yang mengungkit nama Jogja ini pun akhirnya menelurkan album soundtrack sebuah film local komedi romantic garapan sutradara Upi Avianto "30 Hari Mencari Cinta". Di album ini hanya ada 4 lagu baru yaitu melompat lebih tinggi, berhenti berharap, untuk perempuan, dan menyelamatkanmu ciptaan Erros yang tahun 2003 lalu cowok yang lahir di Jogja 3 Juli 1979 ini mendapatkan penghargaan pencipta terbaik. Sebelumnya dia agak pusing memikirkan lagu yang mau dibuat karena harus nyambung ama filmnya. Tapi, akhirnya jadi juga dengan lagu hit jagoannya "Melompat Lebih Tinggi" mampu mengusung pendengarnya mendengarkan di chart-chart tanah air. 

Konser tahun 2004 lalu agak menyedihkan, tapi tidakmasalah! Setiap usaha pasti ada naik turunnya.

Setelah sukses merekapun meritis album pasca pemilu. Menurut persunil SO7 ini mereka rencana mengeluarkan setelah pemilu. Bahkan, saking semangatnya mereka telah menyiapkan 20 lagu (hebat dah!!) Trus, kata mereka empat lagu ciptaan Erros yang ada di OST. keluar. So, albumnya baru semua. :Ini adalah yang paling banyak materinya saat ini udah." kata mereka sambil tersenyum.

Sheila On 7 emang the-o-phe bhe-ghe-the, deh! Ayo, kita bisa ikuti mereka. Yang suka musik tekuni, bisa-bisa kita besok kaya mereka dan ikut andil dalam belantika musik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar